Gampong Dakuta, Produsen Batu Bata Berkualitas di Aceh Utara

  • Share this:
post-title

Aceh Utara - Gampong Dakuta, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara merupakan salah satu desa yang dikenal memproduksi batu bata berkualitas di kabupaten itu. Batu bata di desa ini menjadi primadona dan incaran para agen penyuplai bahan baku bangunan.

Selain letak desanya yang strategis dekat dengan jalan lintas Medan-Banda Aceh, juga mudah mendapatkan bahan baku untuk memproduksi batu bata. Kehadiran dapur batu bata di desa ini ikut membantu perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu, desa ini juga memiliki banyak lahan wakaf yang sudah disertifikasi. Namun begitu, masih terdapat lahan wakaf yang belum termanfaatkan atau tidak diproduktifkan dengan baik. Para nazir merencanakan lahan-lahan tersebut dijadikan sebagai lokasi pembangunan dapur batu bata berkualitas tersebut.

Ketua Nazir Gampong, Tgk Nyak Ishak kepada tim Baitul Mal Aceh yang tiba di desanya, Jumat (4/11/2022) menjelaskan jika mereka mendapatkan dukungan dana dari Baitul Mal Aceh akan mewujudkan keinginan tersebut. Hal itu mengingat bahwa permintaan batu bata di desanya selama ini lebih tinggi daripada hasil produksi itu sendiri.

"Istilah dalam bahasa Aceh 'hanseb barang' alias tidak cukup, permintaan lebih banyak dari pada ketersediaan barang, karena batu bata di tempat kita kualitasnya bagus dan ukurannya sedikit lebih besar," jelas Tgk Nyak Ishak. 

Ia menambahkan, jika keinginan ini terwujud, pihaknya bersama pengelola nantinya tidak hanya memproduksi batu bata saja, juga menjadi penampung dan pemasok batu bata ke berbagai daerah. Selain itu juga dapat menyediakan jasa pembakaran dan jasa pengolah batu bata mentah.

"Artinya, kita nantinya akan menjadi agen juga jika ada konsumen yang memesan melalui kita dalam jumlah besar, kita akan mencari dan mendapatkan keuntungan," jelasnya.

Saat tim asesemen wakaf produktif Baitul Mal Aceh berada di lokasi, sudah didirikan sebuah sal tempat penyimpanan dan batu bata mentah. Namun pihak nazir belum memiliki dana untuk membangun dapur batu bata beserta peralatan pendukung seperti traktor dan beberapa alat kerja serta kebutuhan produksi lainnya.[]

Reporter: Hayat



Tags: