Tahun 2023 BMA Telah Membantu 637 Mustahik Korban Kebakaran dan Bencana Alam

  • Share this:
post-title

Banda Aceh- Di tengah tantangan bencana alam dan bencana kemanusiaan yang melanda beberapa wilayah di Aceh, Baitul Mal Aceh (BMA) terus berkomitmen untuk membantu meringankan beban mustahik yang terdampak.

Kepala Sekretariat BMA Amirullah, SE, MSi. Ak, Selasa, (21/11/2023) mengatakan setiap tahun BMA rutin menganggarkan dana zakat untuk bencana alam dan bencana kemanusiaan lainnya.

"Sepanjang tahun 2023 BMA telah membantu 637 mustahik korban bencana alam dan bencana kemanusiaan, dengan total bantuan mencapai Rp2 milyar," kata Amirullah.

Ia menegaskan selama ini penyaluran bantuan berupa uang tunai ditransfer langsung ke rekening mustahik tanpa ada pemotongan sepeserpun.

Amirullah menambahkan BMA juga berkoordinasi dengan Baitul Mal Kabupaten/Kota (BMK) sebagai pendampingi sekaligus perpanjangan tangan BMA. 

Ia berpesan jika terjadi kebakaran atau bencana alam, agar segera menghubungi BMK setempat. Nantinya tim BaGAH dari BMA langsung menghubungi BMK setempat untuk mengirimkan data administrasi yang diperlukan untuk keperluan pencairan dana. 

"Setelah semua proses selesai, bantuan langsung diantarkan kepada para korban," lanjut Amirullah

Menurut Amirullah bantuan disalurkan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Aceh melalui BMA kepada siapa pun yang terkena musibah.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham