Success Story Mustahik untuk Menginspirasi Masyarakat Giat Berzakat

  • Share this:
post-title

Bireuen, baitulmal.acehprov.go.id - Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan liputan video program Success Story di Bireuen dan Aceh Tengah. Liputan tersebut bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar lebih bersemangat dalam menunaikan zakat.

Dalam liputan tersebut, tim BMA mengunjungi beberapa penerima manfaat program Success Story. Mereka adalah masyarakat yang telah berhasil meningkatkan taraf hidupnya melalui program tersebut.

Kedua program ini merupakan program unggulan BMA yang sudah berjalan sejak 3 tahun belakang. Program bantuan perbaikan sanitasi bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi yang layak. Sementara, program Zakat Family Development (ZFD) bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat fakir miskin melalui bantuan modal usaha, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam kunjungannya, tim BMA disambut hangat oleh para mustahik. Mereka menyampaikan terima kasih kepada BMA yang telah memberikan bantuan.

Salah seorang mustahik, Fatriah, warga Desa Pulo Ara, Kecamatan Peudada, mengatakan bantuan perbaikan sanitasi yang diterimanya sangat bermanfaat.

"Dulu, kami BAB di sungai dan alhamdulillah berkat bantuan BMA, kami sudah memiliki kamar mandi kami yang bersih dan nyaman," kata Nurhayati.

Mustahik lainnya, Maryana, di desa yang sama juga mengatakan bantuan sanitasi yang diterimanya sangat membantu.

"Dengan bantuan BMA, suami saya yang sedang sakit lebih mudah ke kamar mandi. Saya bersyukur bisa mendapatkan bantuan ini,"ungkapnya.

Penerima manfaat ZFD di Aceh Tengah adalah Abdullah Ali, yang tinggal di Gampong Ulu Nuwih, Bebesan. Abdullah mengatakan bahwa zakat yang ia terima dari BMA telah membantunya untuk rehab rumah, bangun kamar mandi dan modal usaha untuk berkebun.

"Saya sangat bersyukur dengan zakat yang saya terima dari BMA. Berkat zakat itu, saya bisa memberi nafkah untuk keluarga saya dengan berkebun dan rumah saya layak untuk ditempati serta dari hasil kebun kmarin saya sudah membeli dan memiliki lahan 1 hektar untuk berkebun," katanya.

Ketua BMA Aceh, Mohammad Haikal, mengatakan kunjungan ini dilakukan untuk melihat dan meliput langsung dampak dari program-program BMA dan divideokan agar dapat menjadi bukti bahwa zakat yang selama ini disalurkan sangat bermanfaat bagi fakir miskin yang benar-benar layak dibantu.

"Kami ingin memastikan bahwa bantuan yang kami berikan benar-benar bermanfaat bagi para mustahik dan para muzakki pun ikut menyaksikannya dalam medsos", ungkapnya

Kepala Sekretariat BMA, Amirullah, juga mendukung sosialisasi zakat melalui video-video yang dipublikasi melalui media sosial.

"Peliputan video ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat agar lebih bersemangat dalam menunaikan zakat. Zakat bukan hanya kewajiban, tetapi juga merupakan ibadah yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Peliputan video program Success Story BMA ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat agar lebih bersemangat dalam menunaikan zakat. Zakat merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat, baik bagi mustahik maupun muzakki.

Reporter: Chairai Yarah
Editor: Arif Arham