Resmi Ditutup, Pendaftar Bantuan Usaha Individu BMA 2022 Capai 22.609 Orang

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Pendataan online calon penerima Bantuan Usaha Individu Baitul Mal Aceh (BMA) Tahun 2022 resmi ditutup pada Jumat (16/09/22) pukul 17.00 WIB petang tadi. Total pendaftar mencapai 22.602 orang. 

Jumlah pendaftar tersebut berasal dari 5 kabupaten/kota dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh berdasarkan data BPS per Maret 2022. Rincian pendaftar dari masing-masing kabupaten/kota adalah: 7.702 orang dari Aceh Singkil, 552 orang dari Gayo Lues, 5.026 orang dari Pidie, 8.772 orang dari pidie Jaya, dan 557 orang dari Bener Meriah.

“Setelah pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah seleksi dan verifikasi administrasi oleh amil Baitul Mal Aceh, dilanjutkan dengan survey lapangan untuk melihat kondisi usaha dan wawancara langsung dengan calon penerima bantuan usaha,” kata Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, Jumat (16/09/22).

Rahmad Raden mengatakan, tingginya jumlah pendaftar tersebut menandakan bahwa informasi terkait Bantuan Usaha Individu BMA berhasil menjangkau berbagai lapisan kelompok sasaran program di kabupaten/kota. 

“Pendaftaran kita buka secara online untuk memudahkan masyarakat. Mereka bisa mendaftar cukup bermodal handphone, kapan saja di mana saja selama periode pendaftaran, tanpa harus mengirimkan dokumen atau datang langsung ke BMA,” kata Rahmad.

Ia juga menyebut, syarat administrasi yang diminta BMA pun cukup mudah, sehingga tidak memberatkan pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan dari BMA. Selama proses pendaftaran, masyarakat yang mengalami kendala juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi melalui nomor whatsapp dan akun-akun sosial media BMA.

“Untuk tahap seleksi administrasi ini, hanya pendaftar yang dinyatakan layak yang akan dihubungi untuk dilakukan survey lapangan. Kemudian, hasil akhir calon penerima bantuan yang dinyatakan lulus akan dipublis secara terbuka di website, berdasarkan hasil survey lapangan,” jelas Rahmad. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran Bantuan Usaha Individu BMA tahun 2022 berlangsung selama 5 hari, yaitu 12-16 Septmber 2022. Sasaran dari program ini adalah pelaku usaha mikro dengan aset di bawah Rp50juta, memiliki usaha milik pribadi yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun, serta tidak sedang menerima pendanaan dari lembaga keuangan lainnya. 

Selain itu, domisili dan lokasi usaha calon penerima bantuan harus di salah satu dari 5 kabupaten/kota dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Aceh, yaitu: Aceh Singkil, Gayo Lues, Pidie, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. 

Bantuan yang diberikan bersumber dari dana infak. Bantuan akan disalurkan kepada penerima manfaat dalam bentuk dana, yang pemanfataannya dibatasi untuk pembelian alat dan perlengkapan kerja serta bahan usaha [rizarahmi]