Rektor Tazkia Sambut Mahasiswa Baru Asal Aceh yang Dapat Beasiswa BMA

  • Share this:
post-title

Bogor - Rektor Institut Agama Islam Tazkia, Dr. Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, M.Med.Kom, menerima kunjungan tim dari Baitul Mal Aceh di Kampus Tazkia Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa 12 September 2023.

Kunjungan ini bertujuan untuk menyerahkan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) kepada lima mahasiswa baru asal Aceh yang akan belajar di Tazkia. Beasiswa ini merupakan kerjasama antara Baitul Mal Aceh dan Tazkia untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada anak-anak Aceh, terutama yang berprestasi akademik dan non-akademik dari keluarga kurang mampu.

Dalam sambutannya, Rektor Tazkia mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru dan berharap mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ia juga menekankan bahwa Tazkia memiliki visi untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama dan ekonomi syariah, tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan.

"Sejak tahun pertama, mereka akan kita pantau dan sudah harus memutuskan mau jadi apa besok, apakah pengusaha, dosen, birokrat, peneliti, atau profesional. Ini akan kita kawal dan bimbing mereka, nanti sebelum lulus akan kita tagih, seperti jika ada yg memilih menjadi pengusaha, mereka kita wajibkan harus memiliki aset minimal 50 juta baru bisa kita luluskan. Menjadi wirausaha itu sebelum lulus, bukan lulus dulu baru mikir jadi pengusaha," tegas Dr. Ardhariksa.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Baitul Mal Aceh, Didi Setiadi, S.Sos., mengungkapkan bahwa beasiswa ini merupakan angkatan perdana dari Baitul Mal Aceh dengan mahasiswa yang dibiayai sebanyak lima orang. Ia berharap beasiswa ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

"Sejak kemarin, saya sudah mendapatkan banyak informasi tentang Tazkia, dan hari ini melihat langsung berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pihak Tazkia, maka ini akan saya sampaikan ke Pimpinan Baitul Mal Aceh agar Beasiswa ini di tahun mendatang dapat diteruskan. Kami berharap Pak Rektor bisa membimbing mereka agar mereka bisa menjadi kebanggaan keluarga dan daerah asalnya," kata Didi Setiadi.

Untuk BUD tahun 2023, Baitul Mal Aceh bekerjasama dengan Institute Agama Islam Tazkia, Bogor, Jawa Barat dan mengirimkan mahasiswa sebanyak lima orang yang telah lulus seleksi verifikasi dan ujian tulis pada bulan Agustus lalu. Mahasiswa ini akan mengikuti pekan orientasi Mahasiswa Baru Tazkia tanggal 15 September 2023.

Untuk tahun pertama, mereka akan ditempatkan pada kampus terpisah yaitu di kampus Tazkia di Daerah Cilember untuk Mahasiswa putri (akhwat) dan kampus Tazkia Dramaga untuk putra (ikhwan). Mereka akan menjalani program kuliah matrikulasi selama 1 tahun penuh. Setelah masa matrikulasi, tahun 2 dan selanjutnya akan kuliah di kampus Utama Tazkia di Sentul.

Program Beasiswa BUD merupakan jenis beasiswa penuh dimana penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas gratis seluruh biaya pendidikan meliputi biaya pendaftaran, biaya masuk, SPP, asuransi, asrama, wisuda hingga uang saku setiap bulannya. Untuk tahun 2023, BMA menganggarkan dana zakat dari senif Ibnu Sabil sebesar Rp. 157 Juta.

Reporter: Mahfudh
Editor: Arif Arham