PT. Lamlo Pharmacy Serahkan Zakat Perusahaan ke BMA

  • Share this:
post-title

Banda Aceh, baitulmal.acehprov.go.id - PT. Lamlo Pharmacy, perusahaan farmasi yang berlokasi di Banda Aceh, menyerahkan zakat perusahaannya ke Baitul Mal Aceh (BMA) pada Jumat (27/10/2023). Penyerahan zakat tersebut dilakukan oleh pemilik perusahaan melalui transfer ke rekening zakat BMA di Bank Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik perusahaan PT. Lamlo Pharmacy menyatakan bahwa zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Ia berharap zakatnya dapat disalurkan untuk pemberdayaan masyarakat sesuai aturan syariah melalui berbagai program yang ada di BMA.

Kepala Sub Bagian Layanan dan Pengumpulan Sekretariat BMA, Anwar Ramli, S.Ag, menyambut gembira atas kepercayaan PT. Lamlo Pharmacy yang menyetorkan zakatnya ke BMA.

"Kami sangat mengapresiasi PT. Lamlo Pharmacy yang telah menunaikan kewajiban zakatnya," kata Anwar.

Anwar menambahkan bahwa selain PT. Lamlo Pharmacy, banyak individu dan pemilik usaha di Aceh yang telah menunaikan zakatnya ke BMA.

"Kami berharap semakin banyak perusahaan di Aceh yang menunaikan zakatnya ke BMA di masa mendatang," ujar Anwar.

Menurut Qanun No. 10/2018 tentang Baitul Mal sebagaimana telah diubah melalui Qanun No. 3/2021, setiap perusahaan yang berada di Aceh wajib berzakat di Baitul Mal. Pasal 102, Ayat 1 menyebutkan bahwa setiap orang yang beragama Islam atau Badan Usaha yang dimiliki oleh orang Islam dan berdomisili dan/atau melakukan kegiatan usaha di Aceh yang memenuhi syarat sebagai Muzakki, wajib menunaikan Zakat melalui Baitul Mal.

Cara Menyetorkan Zakat ke BMA

Masyarakat dapat menyetorkan zakatnya ke BMA melalui beberapa cara berikut:

* Melalui Bank Aceh, yaitu rekening zakat BMA dengan nomor 61001040000095 

* Melalui BSI di nomor rekening 7001569494.

* Melalui Layanan Jemput Zakat melalui nomor telepon atau WA 0811 6722 229.

* Melalui konter BMA yang berlokasi di Komplek Keistimewaan Aceh, Jl. T. Nyak Arief, Banda Aceh (samping kantor Gubernur).

BMA akan menyalurkan zakat yang terkumpul untuk berbagai program pemberdayaan masyarakat, seperti:

* Bantuan pendidikan

* Bantuan kesehatan

* Bantuan sosial

* Bantuan ekonomi


Reporter: Ari Mariani
Editor: Arif Arham