Pimpinan BMA Sampaikan Kontribusi Zakat di Forum ICASF Dubai

  • Share this:
post-title

Abu Dhabi, UAE- Anggota Badan Baitul Mal Aceh, Dr Abdul Rani Usman M.Si, mempresentasikan program pemberdayaan zakat di International Conference on Advancing Sustainable Futures (ICASF 2023) di Abu Dhabi University, Rabu (06/12/23). 

Presentasi dengan judul "Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Zakat,” disampaikan di depan perwakilan peserta konferensi dari berbagai belahan dunia.

Menurut Abdul Rani, anggota BMA, zakat memainkan peran vital dalam memberdayakan perempuan, terutama di pedesaan Aceh. Pemberdayaan yang berfokus pada pendidikan anak-anak dan pemberdayaan ekonomi keluarga telah membawa dampak positif, sesuai dengan hasil monev BMA tahun 2023.

Abdul Rani menekankan bahwa Islam, melalui zakat, memiliki potensi besar untuk merubah paradigma tentang peran perempuan dalam ekonomi keluarga.

Keunikan institusi BMA di Indonesia, dengan pengelolaan zakat oleh pemerintah merupaka  sebuah langkah maju. Pendekatan ini diyakini dapat memperkuat penegakan syariat dan pemberdayaan ekonomi perempuan dari keluarga miskin di Aceh.

Kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan di Aceh menjadi inspirasi  untuk memerangi kemiskinan dan membela kaum dhuafa. Abdul Rani menyampaikan harapannya bahwa pengembangan zakat dapat menjadi program unggulan di masa depan, menciptakan kesinambungan ekonomi umat yang diharapkan.

Reporter: Riza Rahmi

Tags: