Pembuatan Video Penerima Rumah BMA di Sabang

  • Share this:
post-title

Sabang - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, Baitul Mal Aceh (BMA) secara rutin melaksanakan kegiatan sosialisasi dan memperkenalkan program-programnya kepada masyarakat luas. Salah-satu yang dilakukan adalah memproduksi video para penerima bantuan (mustahik). Kali ini, Tim Liputan BMA melakukan pengambilan gambar dan video yang menampilkan penerima bantuan rumah BMA dari dana infak tahun 2022. 

Untuk itu, tim liputan yang terdiri dari Kasubag Sosialisasi dan Advokasi Sekretariat BMA, Chairai Yarah, beserta stafnya, Dian Darlina dan Aulia Andari, mengunjungi salah-satu penerima bantuan di Kota Sabang (21/5). Penerima bantuan yang menjadi fokus liputan kali ini adalah Asnawi, seorang pemetik dan penjaga kebun cengkeh yang tinggal di Gampong Cot Abeut.

Dalam wawancara, Asnawi mengungkapkan bahwa pekerjaannya mengelola kebun cengkeh, sedangkan istrinya menjalankan usaha jualan kios kecil di depan rumah. Rumah BMA yang mereka tempati secara simbolis diresmikan oleh Penjabat (Pj.) Walikota Sabang, Reza Fahlevi, pada bulan Desember 2022.

Chairai Yarah menjelaskan bahwa pembuatan video ini merupakan bagian dari upaya rutin BMA dalam memperkenalkan program-program bantuan zakat, infak, wakaf, dan harta agama lainnya kepada masyarakat.

"Video yang kami produksi ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh BMA," kata Chairai Yarah.

"BMA adalah lembaga keistimewaan di lingkungan Pemerintah Aceh yang mengumpulkan dan menyalurkan infak dan harta keagamaan lainnya. Melalui program-programnya, BMA berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mereka yang tidak mampu membiayai pembangunan rumah sendiri," lanjut wanita enerjik yang bisa dipanggil Yara ini.

Video yang dihasilkan oleh Tim Liputan BMA diharapkan dapat memperlihatkan perubahan positif dalam kehidupan penerima bantuan dan mendorong masyarakat lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal yang dilakukan oleh BMA. Dengan sosialisasi yang intensif dan publikasi video ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Chairai Yarah juga berharap agar program-program BMA dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Aceh yang membutuhkan.

"Sebagaimana video sebelumnya, masyarakat dapat menontonnya di Youtube BMA. Harapannya, melalui kegiatan ini, semakin banyak orang yang terinspirasi dan termotivasi untuk berinfak,"  tutup Chairai Yarah.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham