Jumlah Muzaki BMA Mencapai 77.445

  • Share this:
post-title

Banda Aceh- Sejak awal tahun 2023 hingga saat ini, jumlah muzaki yang berpartisipasi untuk membayar zakat mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bagian Pengumpulan Baitul Mal Aceh (BMA), terdapat beberapa metode pembayaran zakat yang telah dilakukan oleh muzaki.

Plt. Kepala Sekretariat BMA, Didi Setiadi, Jumat (23/6/2023) mengatakan, sebagai salah satu lembaga keistimewaan dan kekhususan Aceh yang mengelola dan mengembangkan zakat, infak, dan harta keagamaan lainnya, BMA terus berupaya melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal, di antaranya meningkatkan jumlah pengumpulan zakat, infak dan harta keagamaan lainnya. 

Didi menambahkan, bahwa BMA terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada muzaki dalam menyalurkan zakat mereka. BMA juga berharap partisipasi masyarakat dalam program zakat terus meningkat agar lebih banyak lagi yang dapat dibantu dan diberikan kesejahteraan melalui dana zakat, kata Didi.

Sementara itu Kasubbag Layanan dan Pengumpulan Sekretariat BMA, Anwar Ramli mengatakan, jumlah muzaki yang datang ke konter BMA sebanyak 36 orang. Konter BMA menjadi tempat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajiban zakat mereka secara langsung dan dapat langsung berinteraksi dengan petugas BMA.

Selain itu, ada juga muzaki yang memanfaatkan layanan jemput zakat yang disediakan oleh BMA. Hingga saat ini, terdapat 2 muzaki yang telah memanfaatkan layanan ini. Layanan jemput zakat memudahkan muzakki yang memiliki keterbatasan waktu atau kesulitan untuk datang ke konter BMA, kata Anwar.

"Tidak hanya melalui konter dan jemput zakat, masyarakat juga dapat melakukan setoran zakat melalui transfer bank. Bahwa hingga saat ini sebanyak 923 muzakki telah menggunakan metode ini. Melalui kerjasama dengan berbagai bank yang ada di Aceh, BMA memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyalurkan zakat mereka dengan cepat dan aman," ucap Anwar.

Anwar menambahkan selain itu, terdapat juga 76.484 muzaki yang telah menyetorkan zakatnya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

Dengan demikian, total jumlah muzakki yang telah membayar zakat pada tahun 2023 hingga hari ini mencapai 77.445 orang. Peningkatan ini menunjukkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Aceh terhadap pentingnya menunaikan kewajiban zakat untuk membantu mereka yang membutuhkan. 

Bagi masyarakat yang ingin membayar zakat bisa melakukan transfer langsung melalui rekening zakat BMA, Bank Aceh Syariah 61001040000095, dan Bank Syariah Indonesia 7001569494, dan bagi siapa saja yang ingin berinfak seribu rupiah bisa melalui QRIS tanpa dikenakan biaya apapun, pungkas Anwar.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham