Gampong Mitra Binaan BMA Salurkan Bantuan untuk Fakir Miskin

  • Share this:
post-title

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Pasie Merapat, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan dan BMG (Baitul Mal Gampong) Jambo Rambong Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang menyalurkan bantuan kepada warga masyarakatnya yang fakir miskin. 

Bantuan tersebut merupakan hasil dari pendapatan usaha program Gampong Zakat Produktif (GZP) Baitul Mal Aceh Tahun 2021.

Kepala Desa Pasie Merapat, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Junardi mengatakan hasil musyawarah bersama Tuha Peut, Imum Chik dan Perangkat Gampong, telah disepakati penetapan jumlah penerima manfaat bantuan kepada mustahiq di gampong tersebut yang merupakan bagi hasil dari usaha cetak paving block yang dibantu melalui program GZP BMA tahun 2021.

“Pada bulan Mei yang lalu kami juga telah menyalurkan bantuan sembako dan daging untuk meugang lebaran kepada 48 mustahiq. Selanjutnya pada bulan Oktober, kami telah menyalurkan uang Rp200 ribu/orang kepada 26 mustahiq,” kata Junardi.

Junardi berharap bantuan tersebut dapat terus berlanjut kedepannya untuk membantu perekonomian masyarakat di gampong Pasi Merapat itu. Ia juga mengharapkan adanya bimbingan dan pendampingan untuk usaha yang mareka jalankan dari Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan.

Sementara itu Sekretaris BMG Jambo Rambong, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang Rapaii juga telah menyalurkan bantuan kepada 30 mustahiq berupa beras 10 kg dan uang Rp100 ribu. Bantuan tersebut merupakan hasil dari meningkatnya pendapatan usaha budidaya ikan air tawar dengan menggunakan keramba jaring apung.

“Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bagian dari rasa kepedulian dan cita-cita BMG Jambo Rambong untuk pengentasan kemiskinan,” kata Rapaii.

Ia menjelaskan program bantuan tersebut dapat terlaksana dengan baik berkat adanya kerja sama yang apik antara Baitul Mal Aceh, Baitul Kabupaten Aceh Tamiang, Baitul Kampung Jambo Rambong, BUMK, pemerintah kampung dan segenap lapisan masyarakat. 

Mareka itu yang selalu mendukung dan membantu terwujudnya usaha Budidaya Ikan Air Tawar Keramba Apung yang terletak ada di dusun Sidomukti, Jambo Rambong, Kecamatan Bandar Pusaka dalam Program Gampung Zakat Produktif (GZP).

Rapii menambahkan pada tahun 2023 BMG bersama BUMG berencana untuk mengembangkan usaha lainnya yaitu membangun taman rekreasi dan wisata kolam pancing. Mengingat lokasi dan tempatnya juga sangat sterategis sehingga dapat menarik para pengunjung. 

"Diharapkan dengan usaha tersebut akan lebih meningkatkan lagi pendapatan asli gampong dan keuntungannya pun akan dinkimati oleh banyak lagi mustahiq,” kata Rapaii.

Menurutnya untuk mewujudkan gagasan dan upaya tersebut, tentunya tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Akan tetapi dengan adanya kerja sama yang baik semua stakeholder dan didorong dengan semangat serta etos kerja yang tinggi, semua rencana tersebut akan tercapai.

“Oleh Karena itu kami juga mengharapkan dukungan dan doa dari semua pihak dalam mewujudkan agar telaksananya program ini seperti yang diharapkan,” pungkasnya.[]

Reporter: Murdani