DT Peduli Aceh Serahkan Laporan Pengumpulan dan Penyaluran ZIS Semester I Kepada BMA

  • Share this:
post-title

Banda Aceh- Kamis 27 Juli 2023, Badan Baitul Mal Aceh (BMA) menerima kunjungan dari pengurus Darut Tauhid (DT) Peduli Aceh di kantor BMA. Dalam pertemuan yang berlangsung, salah satu agenda yang dilakukan adalah penyerahan Laporan Semester I Lembaga Amil Zakat (LAZ) Darut Tauhid (DT) Peduli Aceh kepada Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya'ya, ST. Penyerahan laporan tersebut secara langsung dilakukan oleh General Manager DT Peduli Aceh, Mujirul Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, General Manager DT Peduli Aceh, Mujirul Hasan, menekankan komitmen lembaganya untuk selalu berkoordinasi dengan BMA dalam hal pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS). Penyerahan laporan per semester ini menjadi bagian dari upaya DT Peduli Aceh dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai LAZ yang berdomisili di Aceh. Melalui koordinasi rutin dengan BMA, diharapkan pengelolaan ZIS dapat berjalan dengan lebih baik dan terarah.

"Laporan yang kami serahkan kepada BMA mencakup informasi tentang sumber-sumber pengumpulan ZIS dan penggunaannya, termasuk laporan mengenai pengelolaan dana qurban. Dengan demikian, BMA akan memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana DT Peduli Aceh mengelola dan menyalurkan dana zakat yang telah dipercayakan kepada kami," kata dia.

Mukhlis Sya'ya, ST, selaku Anggota Badan BMA yang menerima laporan tersebut, menyampaikan apresiasi atas kedisiplinan dan transparansi DT Peduli Aceh dalam berkoordinasi dan melaporkan kinerjanya sebagai LAZ kepada BMA. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Qanun No. 3 Tahun 2021, Perubahan atas Qanun No. 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal, Pasal 162, yang menetapkan kewajiban bagi setiap LAZ di Aceh untuk secara berkala berkoordinasi dan melaporkan pengelolaan ZIS kepada BMA.

Mukhlis juga menegaskan bahwa pelaporan ini merupakan langkah positif untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas lembaga LAZ kepada masyarakat, khususnya para muzakki dan penyumbang lainnya. Dengan adanya laporan yang jelas dan terpercaya, diharapkan masyarakat akan lebih percaya dan yakin dalam menyalurkan ZIS dan sumbangan lainnya melalui lembaga amil.

"Kolaborasi antara BMA dan DT Peduli Aceh akan terus ditingkatkan guna menciptakan kesejahteraan masyarakat di Aceh," katanya.

Mukhlis berharap semoga langkah yang diambil oleh DT Peduli Aceh dapat menjadi contoh yang baik bagi lembaga amil lainnya dalam menjalankan tugas mulia dalam mengelola dana umat. Transparansi dan kepercayaan masyarakat adalah kunci keberhasilan dalam menyebarkan manfaat zakat dan sumbangan untuk kesejahteraan bersama.

Reporter: Roly T

Tags: