BMA Bantu 35 Korban Kebakaran di Simeulue

  • Share this:
post-title

Simeulue, baitulmal.acehprov.go.id - Baitul Mal Aceh (BMA) menyalurkan bantuan zakat kepada 35 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di Gampong Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mereka selama masa panik pasca kebakaran dan membantu dalam memulihkan diri untuk mulai membangun kembali kehidupan mereka.

Ketua Badan BMA, Mohammad Haikal, Jumat (27/10/2023) di Banda Aceh, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi musibah kebakaran ini dari Baitul Mal Kabupaten (BMK) Simeulue.

"Setiap KK mendapatkan bantuan bervariasi, mulai dari Rp1,5 juta bagi yang berdampak ringan, hingga Rp3 juta bagi yang rusak berat, dengan total bantuan yang disalurkan mencapai Rp90 juta," urai Haikal.

Haikal menegaskan bahwa penyaluran bantuan berupa uang tunai dari BMA ditransfer langsung ke rekening mustahik dan tidak boleh dipotong sepeserpun.

"Bantuan zakat dari muzaki BMA ini," lanjut Haikal, "diharapkan dapat meringankan beban dan memberikan sedikit relaksasi bagi keluarga yang terkena dampak kebakaran."

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Simeulue, Asludin, M.Kes., mengucapkan terima kasih kepada BMA, terkhusus kepada para muzaki yang selama ini sudah menunaikan zakatnya.

"Semoga para muzaki selalu dilindungi Allah dan diberkahi rezekinya. Kami juga mengajak masyarakat agar menunaikan zakatnya melalui Baitul Mal selaku badan amil resmi Pemerintah Aceh," kata Asludin.

Asludin juga menghimbau kepada masyarakat Simeulue, khususnya masyarakat yang ada di Desa Suka Jaya, untuk berhati-hati dalam menggunakan api dan listrik agar kebakaran dapat terhindari.

”Bila meninggalkan rumah, matikan terlebih dahulu kompor, alat-alat elektronik, dan lainnya,” nasehat Asludin.

Tim BaGAH

Kepala Bagian Umun, Didi Setiadi, yang mengelola penyaluran zakat menjelaskan bahwa bantuan bencana alam dan bencana kemanusiaan lainnya dimasukkan dalam Senif Gharimin oleh Dewan Pertimbangan Syariah (DPS) BMA dan dianggarkan oleh Badan BMA tiap tahun.

"Saat terjadi bencana, Tim BaGAH Sekretariat BMA bergerak cepat menghubungi BMK setempat untuk mengirimkan data administrasi yang diperlukan agar penyaluran segera direalisasikan," jelas Didi.

Menurut Didi, bantuan zakat yang disalurkan merupakan bentuk nyata kepedulian Pemerintah Aceh dan para muzaki kepada siapapun yang terkena musibah.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham