Baitul Mal Aceh Rilis Penerimaan dan Penyaluran Zakat, Infak, dan HKL Tahun 2023

  • Share this:
post-title

Banda Aceh, baitulmal.acehprov.go.id - Baitul Mal Aceh (BMA) merilis perkembangan penerimaan dan penyaluran zakat, infak, dan harta keagamaan lainnya (HKL) tahun 2023. Rilis yang dipublikasikan tiap hari Jumat ini menyajikan informasi dinamis kinerja lembaga keistimewaan Pemerintah Aceh inj.

Berdasarkan grafik penerimaan bulanan BMA pada hari Jumat terakhir di tahun 2023, dapat dilihat bahwa penerimaan BMA secara keseluruhan mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Penerimaan tertinggi terjadi pada bulan Desember, yaitu zakat sebesar Rp10 miliar dan infak Rp4,9 miliar. HKL tidak bertambah secara signifikan dengan angka total Rp119 ribu.

Penerimaan terendah terjadi pada bulan Januari, yaitu sebesar Rp2,6 miliar. Penerimaan yang tinggi ada di bulan puasa, bulan haji, dan akhir tahun.

Namun, dibandingkan tahun lalu, terjadi pengurangan penerimaan, terutama di komponen infak. Padahal, kegiatan 2023 berupa audiensi, sosialisasi, dan pemberitaan kegiatan BMA lebih intensif dibanding tahun 2022.

Berikut adalah perbandingan penerimaan zakat dan infak BMA tahun 2022 dan 2023:

Tahun 2022:
Zakat Rp 61M
Infak Rp 40M

Tahun 2023:**
Zakat Rp 61,9M
Infak Rp 22,9M

Adapun untuk penyaluran zakat, berhasil direalisasikan Rp84,3 miliar (75,18%)**. Sedangkan realisasi infak sebesar Rp48,8 miliar (22,72%)**. Sedangkan HKL belum disalurkan karena menunggu pengesahan Rancangan Peraturan Gubernur Aceh tentang Harta Keagamaan Lainnya yang saat ini masih ditelaah (review) di Kementerian Dalam Negeri RI.

Anggota Badan BMA Aceh, A Rani Usman, berharap masyarakat Aceh dapat terus mendukung kegiatan BMA dengan menunaikan zakat dan infak. Dengan demikian, BMA dapat terus menjalankan fungsinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

**angka per tanggal 29/12, dan akan direkap final pada awal tahun 2024.

Reporter: Riski Novriansyah
Editor: Arif Arham