Aceh Raih Kinerja Perwakafan Terbaik Nasional

  • Share this:
post-title

Banda Aceh, baitulmal.acehprov.go.id - Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi Aceh meraih terbaik pertama provinsi dengan Kinerja Perwakafan Terbaik dalam Indeks Wakaf Nasional Award Tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Badan Pelaksana BWI Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA pada acara pembukaan Rakornas BWI yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden KH. Maruf Amin di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023) malam.

Dari Aceh, hadir Ketua BWI Perwakilan Aceh, Dr. H. A. Gani Isa, SH, M.Ag. Ia menyampaikan bahwa tiga provinsi terbaik yang menerima BWI Award Tahun 2023 adalah Aceh, Riau dan Lampung.

“Aceh mendapat nilai indeks wakaf tertinggi karena berhasil memperkuat kolaborasi dan menghidupkan wakaf produktif," jelas A. Gani Isa.

A. Gani Isa, yang juga sebagai anggota Dewan Pertimbangan Syariah BMA, menguraikan bahwa BWI Aceh bersama Kanwil Kementerian Agama Aceh, BPN, dan Baitul Mal Aceh (BMA) berkolaborasi dalam memperkuat pengelolaan wakaf di Aceh.

"Kami bekerjasama mendata aset wakaf di masyarakat, memberi bimbingan teknis untuk para nazir, mendukung sertifikasi tanah wakaf, dan memberi stimulus permodalan untuk wakaf produktif," urai A. Gani Isa.

Di tempat terpisah, Ketua Badan BMA, Mohammad Haikal, mengucapkan selamat kepada BWI Aceh. Menurutnya, BMA sangat terbantu dengan kolaborasi saat ini dalam rangka memberdayakan aset wakaf di masyarakat.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi wakaf kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya wakaf produktif dan potensi manfaatnya," tutup Mohammad Haikal.

Reporter: Sayed M. Husen
Editor: Arif Arham

Tags: